Senin, 21 Maret 2011

Pekan Panutan 2011 Triple Plus : Upaya Menggugah Kesadaran Wajib Pajak

Tanpa terasa, bulan Maret 2011 hampir berakhir. Kesibukan untuk Kantor Pelayanan Pajak diseluruh pelosok nusantara segera mendekati puncaknya. Sibuk melayani Wajib Pajak (WP), sibuk melakukan sosialisasi, sibuk menyelesaikan SP2 yang segera jatuh tempo ditambah berbagai macam kesibukan lain.Ditengah-tengah kesibukan dan rutinitas, pada tanggal 17 Maret 2011, KPP Pratama Mempawah telah menggelar acara “Pekan Panutan 2011 : Penyampaian SPT Tahunan PPh tahun pajak 2010” yang dilaksanakan di Aula Kabupaten Pontianak.

Acara yang dihadiri oleh Bupati Pontianak, Bpk. Drs H Ria Norsan, MM, MH beserta jajarannya, Muspida Kabupaten Pontianak, Pimpinan instansi vertikal diwilayah Kabupaten Pontianak serta WP besar berlangsung mulai pukul 09.00 WIB dan berakhir pukul 10.30 WIB. Pejabat DJP yang hadir dalam acara tersebut adalah Bpk Awan Nurmawan Nuh selaku Kepala Kantor Wilayah DJP Kalimantan Barat, Bpk. Sutikno selaku Kepala KPP Pratama Mempawah didampingi oleh beberapa pegawai di lingkungan Kanwil DJP Kalbar dan KPP Pratama Mempawah.

Setelah pembukaan dan pembacaan do’a, Ka Kanwil DJP Kalbar memberikan sambutan dan dilanjutkan dengan sambutan Bupati Pontianak. Dalam sambutannya, Ka Kanwil Kalbar memberikan apresiasi terhadap pencapaian penerimaan maupun tingkat kepatuhan penyampaian SPT Tahunan PPh selama tahun 2010. Namun demikian, tingkat kepatuhan penyampaian SPT tahunan PPh perlu ditingkatkan lagi untuk tahun 2011 mengingat masih terdapat gap yang cukup besar antara jumlah WP yang wajib menyampaian SPT dengan jumlah SPT yang disampaikan.

Bupati Pontianak menghimbau agar penyampaian SPT yang dilakukan pada kegiatan ini dapat diikuti oleh seluruh warga masyarakat yang menjadi WP baik yang bekerja di instansi pemerintah, instansi swasta baik perorangan maupun badan serta masyarakat umum lainnya. Bupati Pontianak juga menghimbau hadirin untuk ikut membantu memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya pajak sehingga dapat mendorong masyarakat untuk dengan kesadarannya membayar pajak.

Puncak acara pekan panutan adalah penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi tahun pajak 2010 oleh Bupati Pontianak, Wakil Bupati Pontianak, Plt Sekretaris Daerah Pontianak, Kepala Kejaksaan Negeri Kab Pontianak serta beberapa WP lainnya. Piagam penghargaan kepada Bupati Pontianak dan Ketua DPRD Kabupaten Pontianak kami berikan atas kerja sama yang baik dalam kegiatan pekan panutan 2011 serta kegiatan lainnya dalam upaya peningkatan kesadaran masyarakat untuk memenuhi kewajiban perpajakannya.

“Triple Plus”
Disamping penyampaian SPT, dalam kegiatan “Pekan Panutan 2011” diagendakan beberapa kegiatan lainnya yaitu:
1. Penyerahan SPPT PBB Tahun 2011
SPPT PBB Tahun 2011 untuk sektor perkotaan dan pedesaan telah diserahkan seluruhnya kepada Pemkab Pontianak bersamaan dengan digelarnya acara “pekan panutan 2011”. Secara simbolis, SPTT PBB 2011 dan DHKP diserahkan oleh Ka Kanwil DJP Kalimantan Barat dan diterima oleh Bupati Pontianak. Kegiatan ini disaksikan oleh seluruh peserta yang hadir termasuk camat dan lurah/kepala desa diwilayah Pemkab Pontianak. Maksud dari acara ini adalah agar penyampaian SPPT PBB 2011 ke WP dapat lebih cepat dan seluruh aparat Pemkab Pontianak dari tingkat Bupati sampai dengan tingkat paling bawah yang diwakili oleh lurah/Kades memberikan perhatian yang cukup serius terhadap realisasi PBB tahun 2011.

2. Penghargaan terhadap WP Besar
KPP Pratama memberikan apresiasi terhadap 9 (sembilan) WP besar atas peran sertanya dalam pembangunan negara dengan memberikan piagam penghargaan untuk 3 (tiga) WP dari masing-masing kategori yaitu : WP Badan, WP OP dan WP Bendaharawan.
Disamping apresiasi terhadap sumbangsih WP sebagai WP pembayar terbesar untuk masing-masing kategori, penghargaan ini diharapkan dapat memberikan motivasi kepada WP lain untuk lebih meningkatkan kepatuhan pemenuhan pembayaran pajaknya baik pembayaran maupun pelaporannya.

3. Evaluasi Realisasi Penerimaan PBB Tahun 2010
Agenda ini dilaksanakan setelah agenda utama “Pekan Panutan 2011” dengan maksud sebagai ajang evaluasi pencapaian PBB Tahun 2010 sektor perkotaan dan pedesaan selama tahun 2010 dan pembahasan strategi pencapaian PBB tahun 2011 baik atas SPPT 2011 maupun tunggakan PBB tahun-tahun sebelumnya.
Acara yang dihadiri juga oleh Wakil Bupati dan Plt sekda ini, dibuka oleh Bupati Pontianak dan melibatkan seluruh camat dan lurah/Kades di Pemkab Pontianak. Nara sumber dari KPP Pratama Mempawah adalah Bpk Sutikno, R Yulius Wahyo Riyanto, Paino dan Ikhsan Riyadi.
Evaluasi atas pencapaian PBB tahun 2010 dilakukan oleh Bupati Pontianak dan dilanjutkan oleh Wakil Bupati, dan pengarahan selanjutnya oleh Plt Sekda Pontianak. Berbagai macam kendala telah disampaikan dalam kegiatan ini dan kemudian dibahas berbagai alternatif pemecahannya antara pihak Pemkab dengan DJP. Sinergi antara Pemkab dengan DJP perlu lebih ditingkatkan agar realsiasi penerimaan PBB dapat tercapai sesuai dengan harapan.

Semoga rangkaian acara yang kami laksanakan dapat menumbuhkan kepedulian para pejabat, tokoh masyarakat/agama dan masyarakat lainnya sehingga dapat tercapai kemandirian pembiayaan pembangunan nasional melalui peningkatan penerimaan negara dari sektor pajak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar