Senin, 12 Maret 2012

Polisipun Mau Belajar Ngisi SPT

Bulan Maret bagi DJP memiliki hajatan yang cukup banyak yang tentunya menyita waktu, tenaga dan biaya. Kegiatan serentak pengisian SPT Tahunan PPh dan Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi adalah dua kegiatan dari sekian banyak kegiatan rutin yang dilakukan dalam rangka publikasi yang dilakukan sehingga masyarakat bisa mengisi SPT dan mau menyampaikan SPT Tahunan tepat waktu. Kegiatan tersebut juga merupakan serangkaian kegiatan yang telah digariskan dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak Nomor SE-100/PJ/2011 tanggal 29 Desember 2011 dan dipertegas dengan Surat Direktur P2 Humas Nomor S-210/PJ.09/2012 tanggal 27 Februari 2012.

KPP Pratama Mempawah yang merupakan salah satu instansi di DJP tidak ketinggalan untuk melaksanakan kegiatan dimaksud. Serangkaian kegiatan sosialisasi dalam rangka meningkatkan rasio kepatuhan penyampaian SPT telah dilakukan oleh KPP Pratama Mempawah beserta KP2KP Mempawah dengan melakukan sosialiasi kepada 10 bendaharawan setiap minggu di KP2KP Mempawah dengan maksud agar para bendaharawan mengetahui hak dan kewajibannya termasuk kewajiban menerbitkan formulir 1721 A2 serta diharapkan dapat menjadi penyambung lidah buat pegawai yang berada di instansinya.

Langkah-langkah sosialisasi perpajakan dilanjutkan dengan acara “ngisi bareng SPT Tahunan PPh” bagi anggota Polres Pontianak yang dilaksanakan di Mapolres Pontianak, Mempawah. Acara yang diawali dengan sambutan Kepala KPP Pratama Mempawah dihadiri oleh para perwira di Lingkungan Polres Pontianak, Kapolsek, serta anggota polisi yang berada di Mapolres Pontianak. Dengan jumlah personel +/- 700 yang tersebar di Kabupaten Pontianak dan sebagian Kabupaten Kubu Raya, Polres Pontianak merupakan salah satu lumbung SPT Tahunan PPh OP potensial.

Sesuai dengan tema kegiatan dan untuk memudahkan dalam pelaksanaan kegiatan, peserta sosialiasi telah dibekali dengan 1721-A2 oleh Bendaharawan. Mereka diberikan bimbingan tentang cara mengisi SPT Tahunan PPh OP dengan lengkap dan benar. Alhamdulillah, atas pertolongan-NYA, ditengah kesibukan konsolidasi dalam rangka persiapan pemilihan gubernur, para anggota Polres Pontianak antusias dalam mengikuti kegiatan. Hal ini bisa terlihat dari jumlah peserta yang memadati Aula Mapolres serta pertanyaan pertanyaan kritis yang mereka ajukan. Banyak juga SPT Tahunan diterima langsung setelah acara bimbingan selesai. Rencananya, kegiatan ini akan dilanjutkan dengan pojok pajak selama 2 (dua) hari di Mapolres Pontianak untuk memberikan bimbingan kepada anggota polisi yang tidak bisa menghadiri kegiatan karena sedang melaksanakan tugas atau bagi peserta yang masih kurang paham dalam mengisi formulir 1770 S.

Semoga dengan kegiatan ini dapat terjalin kerjasama dan saling pengertian yang baik antara DJP dengan kepolisian khsusunya antara KPP Pratama Mempawah dengan seluruh anggota polisi dilingkungan Polres pontianak. Masing-masing institusi dapat melaksanakan tugasnya sebagai penegak hukum sesuai dengan kewenangannya. Dan pada akhirnya harapan jangka pendek kami adalah dengan tambahan SPT dari anggota Polres Pontianak, dapat membantu meningkatkan rasio kepatuhan penyampaian SPT tahunan PPh yang tahun lalu mencapai 67.5%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar